Monday, July 13, 2015

4 Tips Jitu Mengelola Kontak iPhone

mengelola kontak iphone

Kebanyakan orang menggunakan iPhone untuk browsing dan berkirim pesan melalui WhatsApp atau iMessage. Namun, fungsi dari telepon masih tetap diperlukan. Saat menggunakan fungsi telepon, Anda pastinya selalu mengakses kontak yang terdaftar di buku telepon. Saking banyaknya kontak, terkadang tanpa Anda sadari terjadi duplikasi kontak. Dan untuk menyelesaikan masalah tersebut, berikut 4 hal yang bisa Anda lakukan, yaitu :

1. Menyatukan Kontak Ganda

mengelola kontak iphone

Daftar kontak ganda biasanya dikarenakan Anda tanpa sadar menyimpan kontak yang sama yang mana sudah ada di iPhone. Dengan iOS 8, Anda bisa menggunakan fungsi Link Contacts untuk menyatukan dua kontak yang sama. Caranya, pilih daftar kontak yang sama lalu tekan Edit dan Scroll ke bawah. Tekan Link Contacts dan pilih kontak lainnya yang terdapat dalam daftar. Sebagai contoh, misalnya saja Anda tidak sengaja salah memasukkan kontak. Anda bisa mengembalikannya seperti semula dengan cara tekan pada tombol minus merah pada nama kontak yang salah.

2. Nickname

membuat nick name - mengelola kontak iphone

Tahukah Anda bahwa iOS 8 bisa mendukung nickname yang ada pada daftar kontak? Dengan nickname tersebut maka Anda akan dipermudah ketika mengirim sebuah pesan. Anda pun tidak perlu mengetikkan nama secara lengkap, dengan menambahkan nickname saja sudah cukup. Caranya, buka salah satu kontak yang ingin Anda tambahkan nicknamenya lalu tekan Edit. Scroll ke bawah untuk menemukan tombol Add Field dan tekan tombol tersebut. Lalu tekan Nickname pada layar Add Field. Lalu tambahkan nickname untuk kontak tersebut pada layar edit kontak.

3. Menambahkan Foto

Menambahkan foto - mengelola kontak iphone

Untuk mengenali siapa yang menelepon Anda ke iPhone, Anda bisa menambahkan sebuah foto. Foto tersebut akan muncul di layar saat ada panggilan masuk. Foto tersebut juga akan muncul pada aplikasi Message sewaktu Anda dan teman Anda saling berkirim pesan. Anda bisa menambahkan foto tersebut ke dalam kontak secara manual. Caranya, tekan Edit di salah satu kontak. Tekan lingkaran Add Photo maka akan muncul opsi apakah ingin memotret langsung melalui kamera atau mengambil foto yang disimpan dalam iPhone.
Selain itu, iOS 8 juga menyediakan fasilitas untuk dapat menggunakan foto profil di media sosial Facebook secara otomatis. Caranya, login ke akun Facebook Anda dengan cara masuk ke menu Settings dan pilih Facebook. Jika sudah login, silahkan Anda tekan Update All Contacts pada layar konfigurasi Facebook. Maka daftar kontak di iPhone akan dicocokkan dengan datanya oleh Facebook. Facebook akan mengupdate foto kontak tersebut jika memang ada kontak yang sama.
Selain melalui Facebook, Anda juga bisa menggunakan foto dari akun media sosial lainnya seperti Twitter. Untuk melakukan integrasi akun Twitter ini, caranya sama dengan Facebook. Pertama login ke akun Twitter Anda lalu pilih Update Contact. Jika info sudah terpindai oleh Twitter dan ditemukan kontak yang sama, maka foto kontak akan diperbarui.

4. Update Informasi

Update Informasi - mengelola kontak iphone

Tersedia banyak kolom info dalam daftar kontak yang ada di iOS. Misalnya saja seperti menambahkan tanggal lahir atau alamat. Proses ini memakan waktu cukup lama. Saat ada waktu luang, sebaiknya Anda lakukan proses update tersebut melalui komputer agar saat mengetik tidak mengalami kesulitan.


Mudah bukan, silahkan lihat beberapa update mengenai berita teknologi di blog ini



No comments:

Post a Comment